MENDALAMI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI KEGIATAN IN HOUSE TRAINING (IHT)

Dibaca : 104 Pembaca

Keterangan gambar: Foto bersama setelah kegiatan

 

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang diberlakukan oleh pemerintah kepada satuan pendidikan mulai dari jenjang KB, SD, SMP, SMA/SMKA serta Perguruan Tinggi, hal itu bertujuan agar peserta didik merasakan kemerdekaan dalam menentukan arah belajarnya secara mandiri tanpa tergantung pada orang lain.

Ada banyak upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengimplentasikan Kurikulum merdeka ini secara mandiri, antara lain Workshop dengan cara mandiri melalui Aplikasi yang mudah di download di Playstore Android, sehingga para pendidik dapat meningkatkan pengetahuan tentang merdeka belajar melalui Aplikasi tersebut.

Baca juga : implementasi kurikulum merdeka belajar

Para pendidik dituntut untuk meningkatkan pengetahuannya tentang kurikulum merdeka agar tidak ketinggalan zaman dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah, sebagai bentuk Upgrading pengetahuan guru pada kurikulum Merdeka, SMK Syarifuddin melaksanakan kegiatan IN HOUSE TRANING (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka  dengan pokok pembahasan Kebijakan Kurikulum Merdeka serta penysunan bahan ajar yang dibutuhkan pada Kurikulum Merdeka.

Kegiatan IHT  ini dilaksanakan selama 2 hari, terhitung dari 25 – 26 Juli 2022, dengan mendatangkan Ibu Dra. Nanik Darliana, MM selaku pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Lumajang, serta Amarlian Bilqisthi Agustin, S.Pd selaku Instruktur IHT IKM.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak. Septa Wahyudi, S.Pd selaku WAKA Kurikulum SMK Syarifuddin bahwa, Implementasi Kurikulum Merdeka ini memberikan PR banyak bagi para pendidik, pasalnya kegiatan serta Administrasi pembelejarannya berbeda dengan kurikulum 2013, ada beberapa komponen yang berubah istilah sehingga sering membingungkan para pendidik. Oleh karena itu Workshop IHT IKM ini sangat dibutuhkan bagi guru SMK Syarifuddin sebagai bentuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan pembelajaran. Acung/red.

Berita Terkait

SUASANA KHIDMAD PENUTUPAN MATSAMA & MPLS YAYASAN KYAI SYARIFUDDIN LUMAJANG
MENGASAH KEMAMPUAN MENGAJAR, SMK SYARIFUDDIIN LAKSANAKAN PELATIHAN METODE MENGAJAR
PERTEMUAN MKKS SMK SWASTA KABUPATEN LUMAJANAG DILAKSANAKAN DI SMK SYARIFUDDIN
PERSIAPAN UKK, SMK SYARIFUDDIN DATANGKAN GURU TAMU UNTUK BEDAH SOAL
MENGGALI POTENSI DENGAN KONTEN KREASI
RAPAT WALI MURID, SMK SYARIFUDDIN SOSIALISASIKAN TEKNIS PELAKSANAAN PKL
MENUMBUHKAN RASA CINTA PADA NEGARA MELALUI UPACARA BENDERA MERAH PUTIH
SMK SYARIFUDDIN LAKSANAKAN SIMULASI ANBK SELAMA DUA HARI
MENYEMPATKAN MOMENT BULAN RAMADLAN OSIS SMK SYARIFUDDIN LAKSANAKAN KHOTMIL QUR’AN
UNBK SMK SYARIFUDDIN DI TENGAH POLEMIK COVID.19 BERJALAN LANCAR