PEMILIHAN KETUA DAN WAKIL KETUA OSIS MERUPAKAN PENDIDIKAN DEMOKRATIS

Dibaca : 207 Pembaca

Menjadi seorang pemimpin tidak cukup dengan bermodalkan finansial belaka, namun menjadi seorang pemimpin yang sesungguhnya banyak hal yang harus dipersiapkan, antara lain; Kompetensi, Dedikasi, dan totalitas yang tinggi menjadi modal utama bagi setiap calon pemimpin.

Sikap demokratis jangan sampai lepas dari jiwa setiap individu dalam menentukan seorang pemimpin, maka dari itu sikap demokratis itu perlu tertanam pada manusia sejak dini mungkin, agar masa depan bangsa ini tidak terdiri dari generasi asal-asalan.

Dalam hal ini, SMK Syarifuddin mengajarkan sikap demokratis pada siswa melalui pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa khidmad 2021-2022, hari ini Rabu, 24 Nopember 2021. Dari sekian siswa yang mencalonkan sebagai Balon (Bakal Calon) Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Syarifuddin  ada 5 pasangan Balon yang mendapatkan rekomendasi dari warga OSIS untuk maju di Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Syarifuddin masa khidmad 2021-2022, yang terdiri dari 3 pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua Putra, dan 2 pasangan calon ketua dan wakil ketua Putri.

Untuk calon ketua OSIS Putra dengan nomor urut 1 yaitu Alifan Firmansyah berpasangan dengan M. Syarifuddin Zuhri,  Nomor urut 2 adalah M. Fazri Wahyu  berpasangan dengan Misbahul Ulum, Nomor urut 3 adalah M. Mukhlis Ilham  berpasangan dengan Ahmad Hakam. Sedangkan untuk calon ketua dan wakil ketua OSIS Putri Nomor urut 1 adalah Vina Ramadhani berpasangan dengan Khoirun Nisa’ Nomor urut 2 adalah Siti Maria  berpasangan dengan Wardatul Lailia.

Untuk menjajaki kemampuan dan kompetensi masing-masing calon, sebelum pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMK Syarifuddin, panitia melaksanakan debat kandidat dengan mendatangkan Guru sejarah dan guru Bahasa Indonesia untuk mengajukan pertanyaan kepada masing-masing calon. Ada beberapa yang menjadi materi pertanyaan dalam debat kandidat kali ini antara laian; pengetahuan umum, sejarah berdirinya SMK, visi misi SMK dan visi misi calon.

setelah debat kandidat dilaksanakan dilanjutkan dengan pemilihan calon ketua dan wakil ketua, dan saat penghitungan suara calon Ketua dan Wakil ketua OSIS Putra nomor urut 1 mendapatkan suara 61, pasangan nomor urut 2 mendapatkan suara 17, pasangan nomor urut 3 mendapatkan suara 12. Untuk calon ketua dan wakil ketua OSIS putri, calon dengan nomor urut 1 mendapatkan suara 56, nomor urut 2 mendapatkan suara 39, suara tidak sah sebanyak 21.

Dalam hal ini Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Bapak Mokhammad Khosim, M.Pd.I menyampaikan, bahwa moment seperti ini dilakukan sebagai bentuk pengajaran, dan pendidikan Demokrasi kepada siswa, agar dalam memilih seorang pemimpin itu berdasarkan hati nurani, disesuaikan dengan kemampuan dan kecakapan calon  bukan karna uang. Acung

Berita Terkait

MENUMBUHKAN RASA CINTA PADA NEGARA MELALUI UPACARA BENDERA MERAH PUTIH
SMK SYARIFUDDIN LAKSANAKAN SIMULASI ANBK SELAMA DUA HARI
GROUP HADROH ALMIHANNIYAH RAMAIKAN SANTUNAN ANAK YATIM DI SMK SYARIFUDDIN
SAMBUT TAHUN BARU ISLAM, SMK SYARIFUDDIN SANTUNI ANAK YATIM
SMK SYARIFUDDIN AWALI KBM DENGAN DOA BERSAMA
MENYEMPATKAN MOMENT BULAN RAMADLAN OSIS SMK SYARIFUDDIN LAKSANAKAN KHOTMIL QUR’AN
JELANG LIBUR PESANTREN PENUTUPAN KBM DENGAN KHOTMIL QUR’AN
PKL TO PESANTREN
VISITASI PERPANJANGAN IJIN OPERASIONAL OLEH CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH KABUPATEN LUMAJANG
UJIAN HAFALAN SURAT PENDEK DI SMK SYARIFUDDIN DILAKSANAKAN TATAP MUKA DENGAN PROTOKOL KESEHATAN