PKL TO PESANTREN

Dibaca : 43 Pembaca

Isak tangis mengiri pelepasan siswa SMK Syarifudin saat pemberangkatan untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL), itulah istilah baru sekarang, awal mula Praktik Kerja Lapangan memiliki istilah Praktik Kerja Industri (Prakerin).

Rasa haru melihat kepergian mereka ke tempat DU/DI, pasalnya PKL tahun ini berbeda jauh dengan PKL tahun-tahun sebelumnya, pada tahun-tahun sebelumnya PKL ini dilaksanakan diberbagai DU/DI yang terdiri dari perusahaan dan took-toko sesuai dengan kompetensi keahlian siswa, namun pada tahun ini SMK Syarifuddin memiliki Konsep PKL TO PESANTREN, konsep ini diambil sebagai bahan evaluasi dari PKL tahun sebelumnya.

Pesantren yang dituju dalam pelaksanaan PKL in adalah Pesantren Bani Syarif, artinya Pesantren yang masih ada hubungan keluarga dengan Pengasuh Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Wonorejo Lumajang, antara lain: MTs Syarifuddin Wonorejo, IAI Syarifuddin Wonorejo, Pondok Pesantren Nurul Istiqomah Wonorejo, Al-Maliki Sukodono, Al-Istiqomah Sukodono, Miftahul Ulum Tempeh, dan As-Syarifi Tempeh. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian kepada peserta didik, artinya, disamping mereka belajar bekerja, ngajinyapun juga masih terjaga, karena mereka masih memiliki kewajiban untuk mengaji di pesantren yang mereka tempati, dan mengikuti semua kode etik yang berlaku di pesantren tersebut.

Sebagai Ketua TIM Pojka PKL SMK Syarifuddin Bapak Mokhammad Khosim, M.Pd.I menuturkan, PKL To Pesntren ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh SMK Syarifuddin, karena ada dua sisi yang harus difikirkan, Pertama; peserta PKL harus memenuhi tuntukan kurikulum SMK, bahwa setiap siswa SMK wajib melaksanakan Pendidikan di luar kelas yaitu PKL di DU/DI yang sudah ditentukan sekolah. Kedua; siswa SMK Syarifuddin yang notabene merupakan santri mempunyai kewajiban untuk tetap menjaga dan mempertahankan ngaji dan jama’ahnya yang biasa di laksanakan di Pesantren Kyai Syarifuddin, dua hal itu merupakan item pokok yang tidak boleh ditinggalkan oleh siswa SMK Syarifuddin, sehingga dengan alasan itulah SMK Syarifuddin mengambil tema pada PKL ini dengan PKL TO PESANTREN. Acung

Berita Terkait

VISITASI PERPANJANGAN IJIN OPERASIONAL OLEH CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH KABUPATEN LUMAJANG
UJIAN HAFALAN SURAT PENDEK DI SMK SYARIFUDDIN DILAKSANAKAN TATAP MUKA DENGAN PROTOKOL KESEHATAN
MENELADANI AKHLAQ ROSULULLAH DAN SEMANGAT PERJUANGAN
SMK Syarifuddin Kumpulkan Wali Murid untuk Pengembangan Sekolah
SISWA RASA SANTRI: Pesan Pengasuh Yayasan Syarifuddin Dalam Pembukaan MPLS
AKTS Menjawab Kebutuhan Masyarakat Lumajang
MENYOAL PENGUATAN PROGRAM SMK Oleh : Sayyidi
Membangkitkan Jiwa Entrepreneur Bersama IRHC
DISORIENTASI PENDIDIKAN Oleh: Sayyidi
PENDIDIKAN YANG TERNODA Oleh: Sayyidi