MENELADANI AKHLAQ ROSULULLAH DAN SEMANGAT PERJUANGAN

Dibaca : 131 Pembaca

Bulan Robi’ul Awal merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dimana seluruh ummat islam secara kuantitas merayakan hari kelahiran Rosulullah, semata mengharap syafaatnya.

SMK Syarifuddin Wonorejo Lumajang, Lembaga Pendidikan di bawah Naungan Yayasan Kyai Syarifuddin yang berasaskan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah tidak mau melewati moment ini dengan sia-sia, tentunya juga  memeriahkan Maulidur Rosulullah Shollallahu Alihi Wasallam.

Kegiatan maulid di SMK Syarifuddin ini dinahkodai oleh Organisasi Intra Sekolah (OSIS) SMK Syarifuddin, konsep acara sederhana tapi meriah, dengan dihadiri oleh Ulama’ asal Lumajang KH. Dr. Abdul Wadud Nafis, Lc.,M.E.I, atau biasa disapa Gus Wadud. OSIS melaksanakan kegiatan ini dengan mengangkat tema Meneladani Akhlaq Rosulullah dan Semangat Perjuangan.

Bapak Mokhammad Khosim, M.Pd.I selaku Waka Kesiswaan menjelaskan bahwa, kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini sudah menjadi program tahunan OSIS SMK Syarifuddin, masuk pada kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), tentunya hal ini dilaksanakan untuk penguatan karakter islami siswa dan bisa meneladani akhlaq dan perjuangan Nabi Muhammad SAW.

KH. Abdul Wadud menyampaikan dalam ceramahnya bahwa, Ada 4 pokok yang paling utama dalam meneladani Akhlaq Rosulullah antara lain: Siddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah Artinya, manusia itu harus berlaku jujur kepada sipapun dan dimanapun berada, karena kejujuran merupakan modal utama untuk keselamatan dunia akhirat. Yang kedua harus amanah, artinya dalam meniti hidup manusia itu harus amanah pada sebuah kewajibannya dan jangan samapai menjadi orang yang khianat. Yang kedua Tabligh, bahwa manusia itu harus mampu menyampaikan yang haq dan menumpas yang batil tentunya dengan cara-cara yang arif dan bijaksana. Yang ketiga adalah Fathonah, artinya bahwa manusia itu harus cerdas dalam menyikapi sebuah permasalahan, jangan gegabah apalagi emosi, karena emosi sama sekali tidak mencerminkan Akhlaq yang hasanah, imbuhnya. Acung

Berita Terkait

SMK Syarifuddin Kumpulkan Wali Murid untuk Pengembangan Sekolah
SISWA RASA SANTRI: Pesan Pengasuh Yayasan Syarifuddin Dalam Pembukaan MPLS
Suasana Baru Siap Melayani Siswa Baru
AKTS Menjawab Kebutuhan Masyarakat Lumajang
Pelatihan Kader Tanggap Bencana Bersama BPBD Lumajang
MENYOAL PENGUATAN PROGRAM SMK Oleh : Sayyidi
Membangkitkan Jiwa Entrepreneur Bersama IRHC
DISORIENTASI PENDIDIKAN Oleh: Sayyidi
PENDIDIKAN YANG TERNODA Oleh: Sayyidi
HILANGNYA IDENTITAS PENDIDIKAN Oleh: Sayyidi