POLA HIDUP BERSIH ITU AJARAN ISLAM

Dibaca : 43 Pembaca

Mokhamamd Khosim, M.Pd.I, pria kelahiran Lumajang, 15 Juni 1989 ini ikt berkomentar tentang wabah virus corona/Covid 19 di kalangan masyarakat.

Pria asal lumajang itu menuturkan bahwa, menjaga kebersihan itu sudah merupakan ajaran islam sejak dulu. Dalam sebuah hadits sudah jelas penjelasannya bahwa “Kebersihan Itu Sebagian Dari Iman” . kalimat yang pendek tidah cukup dimaknai sesederhana mungkin, karena sehat itu merupakan point penting dalam kehidupan ini, manusia berani bayar mahal demi sebuah kesehatan.

Mengingat adanya virus corona atau yang biasa disebut dengan Covid 19, dalam rangka upaya mengatasinya pemerintah menganjurkan untuk selalu manjaga kesehatan dengan menerapkan 3M yaitu: Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Memakai Masker. Dalam urusan kebesihan ini, Islam sudah sejak dahulu mengajarkan agar senantiasa manusia ini selalu menjaga kebesihan, karna bersih itu pangkal kesehatan. Sebuah maqolah para ulama’ mengatakan “Al-Wiqoyatu khoirun Minal ‘Ilaj” Mencegah itu lebih baih dari pada mengobati.

Islam mengajarkan untuk selalu cuci tangan jika hendak makan, sebagaimana yang dijelaskan dlam kitab Taishyirul Khalaq pada BAB “Adabul Akli” Tatakrama makan, kenapa demikian.? Menurut hemat saya bahwa seseorang makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu secara otomatis akan memasukkan benda yang korot kedalam tubuh bersamaan dengan asupan makanan yang dimasukan melalui mulut, sehingga tubuh pada saat itu menerima benda kotor, hal itu yang menyebabkan manusia mudah sakit. Begitu pria yang berprofesi sebagai Dosen di IAI Syarifuddin itu menuturkan. Acung

Berita Terkait

PENDIDIKAN DIMASA PANDEMI
DAFTAR NAMA PESERTA DIDIK YANG DINYATAKAN LULUS SMK SYARIFUDDIN
UNBK SMK SYARIFUDDIN DI TENGAH POLEMIK COVID.19 BERJALAN LANCAR
Kepala SMK Syarifuddin Melantik Pengurus OSIS Periode 2019-2020
SMK Syarifuddin Kumpulkan Wali Murid untuk Pengembangan Sekolah
SMK Syarifuddin Jadi Sekolah Imbas dari Sekolah Model 2019
Pengenalan Iklim Sekolah, Guru Sambut Hangat Siswa KLS X SMK Syarifuddin
Penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMK Syarifuddin Disambut Haru Peserta
Benarkah Indonesia Akan Pecah Menjadi Beberapa Negara? Ini Jawaban Kapolres Lumajang
SISWA RASA SANTRI: Pesan Pengasuh Yayasan Syarifuddin Dalam Pembukaan MPLS